5 Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Rambut Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Rambut - 5 Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Rambut Agar Tetap Sehat - Berbicara tentang nutrisi memang tidak ada habisnya, mulai dari A sampai Z ada, namun beberapa diantaranya sangat diperlukan tubuh dan memerankan fungsi penting dalam proses metabolisme tubuh. Begitu juga dengan rambut, rambut merupakan organ yang berbentuk benang yang dapat ditemukan pada hewan dan manusia. Pada manusia rambut memerankan peranan yang sangat penting dan diantaranya adalah estetika atau keindahan. Agar rambut selalu sehat dan cantik diperlukan beberapa perawatan yang bisa dilakukan dari dalam maupun dari luar.

Secara umum masalah rambut yang paling sering terjadi adalah rambut rontok, ketombe, rambut bercabang, dan rambut patah, untuk mengatasi hal demikian kalian bisa menggunakan shampo selain itu mengkonsumsi nutrisi makanan yang penting bagi rambut juga perlu untuk diperhatikan.

Berikut 5 nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk rambut tetap sehat
1. Vitamin
Vitamin memerankan peranan penting bagi rambut, vitamin menjaga kondisi rambut agar tetap sehat. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan produksi minyak di kepala, vitamin B selalu dikaitkan dengan kondisi rambut yang rontok jadi usahakan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B cukup, vitamin C diperlukan untuk proses pertumbuhan rambut dan perbaikan sel rambut yang rusak. Sedangkan vitamin E berfungsi sebagai antioksidan rambut selain itu vitamin E juga menjaga kondisi antar membran sel pada folikel rambut, seseorang yang kekurangan akan vitamin E akan memiliki rambut kering dan rampuh.

2. Protein
Rambut terdiri dari sebagian besar protein, maka sangat diwajibkan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein, protein dibutuhkan rambut untuk proses pertumbuhan. Seseorang yang kekurangn protein dalam menu makan harian akan membuat rambut menjadi kurang bersinar, pertumbuhan rambut terhambat, dan rambut terlihat kering.

3. Mineral
Kurangnya konsumsi makanan yang banyak mengandung mineral seperti zat besi, seng, dan kalium akan dapat mempengaruhi struktur rambut. Akar rambut membutuhkan mineral untuk dapat tumbuh dan berfungsi sebagaimana mestinya. Saat anda kekurangan mineral jaringan kulit kepala akan rusak dan rambut yang tubuh akan mudah sekali rusak.

4. Asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6
Omega-3 dan Omega-6 merupakan dua jenis asam lemak yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sebum (minyak yang dihasilkan kelenjar sebasea di kulit), minyak tersebut diperlukan kulit dan rambut agar bisa terlihat lebih mengkilap, lembab, dan halus. kedua jenis asam lemak tersebut tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga tubuh mendapatkanya dari makanan yang dikonsumsi oleh kita.


5. Air
Nutrisi penting terakhir adalah air, air digunakan tubuh untuk tempat terjadinya proses metabolisme, selain itu air juga sangat penting agar kulit dan rambut kita selalu lebab dan tidak kering, usahakan untuk membawa botol air minum saat bepergian agar saat beraktifitas tubuh kita tidak terjadi kekurangan air yang dapat mengakibatkan kondisi rambut kita menjadi kering dan rusak.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment