Perawatan Kulit: Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Cara Merawat Wajah - Perawatan Kulit: Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak - Memiliki kulit wajah yang berminyak mungkin bukan sebuah masalah yang terlalu buruk, namun bagi sebagian orang wajah berminyak akan membuat kulit terlihat basah dan mengkilap. Selain itu kulit wajah yang berminyak akan membuat debu kotoran dan bakteri penyebab jerawat akan dengan mudah menempel pada kulit.

Fungsi minyak pada kulit sebenarnya digunakan untuk melembabkan kulit sehingga kulit tidak menjadi kering, namun pada sebagian orang produksi minyak pada wajah terjadi secara berlebihan, dan pada tahap inilah diperlukan beberapa perawatan sederhana agar minyak diwajah tidak menimbulkan masalah baru seperti jerawat.

Ciri dan tanda anda memiliki jenis kulit berminyak
Memiliki kulit berminyak memang sedikit sulit untuk di kontrol, kondisi ini disebabkan oleh adanya hormon androgen baik pada laki-laki dan perempuan, hormon androgen akan merangsang produksi minyak dan minyak tersebut sangat baik bagi kulit, namun disisi lain jika jumlah hormon androgen terlalu banyak maka produksi minyak kulit juga akan banyak dan berlebih, akibat banyaknya produksi minyak maka pori-pori kulit akan membesar dan inilah yang menyebabkan kulit mudah muncul komedo dan jerawat baru.

Ciri kulit yang cenderung berminyak
  • Wajah mengkilap setelah 2 jam anda membersihkannya, dan hal ini akan terjadi saat cuaca panas.
  • Make up akan mudah pudar dan meghilang.
  • Pada daerah kulit yang berminyak akan mudah sekali muncul komedo.
  • Pori-pori kulit pada bagian dagu, hidung, dan pipi akan tampak lebih besar.
Cara mengatasi kulit wajah berminyak
Beberapa perawatan wajah sederhana berikut dapat anda lakukan untuk mengatasi kulit wajah berminyak:
1. Mencuci wajah
Usahakan untuk mencuci wajah 2 kali dalam sehari, yakni pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, dengan mencuci wajah diharapkan kotoran yang menempel akibat minyak wajah bisa menghilang dan tidak menyebabkan jerawat, dan saat siang hari dimana wajah anda sangat berminyak anda bisa memakai blotting paper (kertas khusus penyerap minyak).

2. Menggunakan toner
Toner adalah pembersih wajah setelah anda mencuci wajah menggunakan air, pilihlah toner yang tidak mengandung alkohol dan yang khusus dibuat untuk kulit wajah berminyak. Anda bisa menggunakan kapas yang dicelupkan toner untuk menerapkan pada kulit wajah, atau menyemprotkannya langsung pada wajah.

3. Hindari makanan pedas
kulit wajah berminyakBeberapa makanan juga ikut mempengaruhi produksi jerawat berlebih, makanan pedas akan membuat tubuh menjadi panas dan merangsang kulit untuk memproduksi minyak berlebih.

4. Memakai tabir surya
Tabir surya sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit, tabir surya dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh panas sinar matahari, untuk anda yang memiliki wajah yang cenderung berminyak anda bisa memakai tabirsurya yang berbentuk bubuk sehingga tidak menambah minyak pada kulit wajah anda, selain itu tabir surya bubuk diharapkan dapat menyerap minyak kulit berlebih.

5. Memakai masker wajah
Anda bisa memakai masker wajah sepanjang malam saat tidur, pilihlah masker wajah yang benar-benar dikonsikan untuk mengatasi masalah kulit berminyak, selain itu anda juga dapat membuat masker wajah untuk kulit berminyak dari bahan alami seperti masker lemon, jeruk, dan baking soda.

Beberapa orang yang memiliki kulit yang cenderung berminyak disebabkan oleh faktor genetik keturunan, jadi usahakan kulit anda untuk selalu bersih agar masalah kulit anda seperti munculnya jerawat tidak muncul.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment