Bekas Luka: Cara Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka

Tips Kecantikan - Bekas Luka: Cara Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka - Kulit mulus dan bersih tidak akan tampak sempurna jika terdapat luka yang membuat kulit menjadi jelek, bekas luka dapat disebabkan oleh berbagai faktor penyebab diantaranya luka bakar, terkena knalpot motor, terkena goresan, benda tajar dan banyak lainnya, sehingga akibat luka yang begitu parah menyebabkan bekas luka yang ditimbulkan tidak bisa hilang sepenuhnya, walaupun bisa hilang namun memerlukan waktu yang lama untuk benar-benar hilang.

Banyak cara yang bisa anda coba untuk menghilangkan bekas jerawat, mulai dari perawatan alami di rumah sampai dengan menggunakan bantuan medis para dokter seperti perawatan laser, dan operasi plastik. Namun untuk melakukannya memerlukan biaya yang tidak sedikit, namun jika anda tidak ingin pergi kedokter dan memilih menghilangkannya dirumah anda bisa melakukan beberapa perawatan alami dirumah menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah dicari.

Cara menghilangkan bekas luka secara alami
Berikut beberapa bahan alami yang dapat membuat bekas luka yang anda punya menghilang dengan sendirinya:

1. Madu untuk menghilangkan bekas luka
Madu mentah dan alami memiliki manfaat untuk mempercepat menghilangkan bekas jerawat, madu merupakan pelembab alami, secara efektif mampu menghilangkan luka dengan caa mempercepat proses regenerasi jaringan kulit baru. Untuk menggunakan berikut ini caranya:
  • Campur 2 sendok makan madu dengan 2 sendok makan baking soda
  • Ratakan pada bekas luka dan pijat-pijat selama 4 menit
  • Letakkan kain lap yang telah dicelupkan air hangat diatas bekas luka yang terdapat campuran madu dan baking soda.
  • Tunggu sampai kain lap kering, jika sudah kering gunakan kain lap tadi untuk menghilangkan madu sampai bersih.
Penggunaan baking soda dalam jumah banyak dan lama akan membuat kulit menghitam, jika hal itu terjadi anda bisa menghentikan cara pengobatan ini, atau anda bisa menggunakan madu dan baking soda dengan perbandingan 2:1. Baking soda disini memiliki manfaat efektif mengangkat sel kulit mati seperti lemon.

2. Lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka
Gel lidah buaya memiliki sifat anti peradangan, mengurnagi iritasi kulit, dan membantu menghilangkan kulit mati dari bekas luka.Lidah buaya dapat mengurangi pembengkakan dan juga memperbaiki sel-sel kulit yang telah mati, dan mempercepat pembentukan sel kulit baru.

Untuk menggunakan gel lidah buaya, anda bisa mengambilnya langsung dari tanamanny, salep yang mengandung lidah buaya, atau bahkan lotion kulit. Gunakan lidah buaya untuk memijat bekas luka beberapa kali dalam sehari sampai bekas luka anda benar-benar hilang.

3. Lemon untuk menghilangkan bekas luka
Lemon mengandung asam alami yang sering disebut dengan AHA (alpha hydroxy acids) yang membantu mengangkat sel kulit mati, dan mempercepat proses peremajaan kulit, serta mengembalikan elastisitas kulit. Selain itu lemon juga dapat digunakan sebagai bahan pemutih alami untuk kulit wajah, terutama untuk kulit yang terdapat bekas luka hitam.
  • Bersihkan kulit yang terdapat bekas luka secara menyeluruh.
  • Peras 1 buah lemon dan ambil airnya.
  • Celupkan kapas pada air dan gunakan untuk menggosok bekas luka yang anda miliki.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bersihkan menggunakan air bersih.
Air lemon akan membuat kulit terutama kulit wajah menjadi sensitif terhadap sinar matahari, sehingga untuk melakukan aktifitas diluar ruangan gunakan pelembab atau tabir surya pada kulit yang terdapat bekas luka.

4. Minyak zaitun untuk menghilangkan bekas luka
Minyak zaitun mengandung banyak sekali vitamin K dan vitamin E, dimana kedua vitamin tersebut sangat baik untuk perawatan kulit, dan secara efektif mampu menghilangkan bekas luka dengan cepat. Selain itu minyak zaitun mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka kulit. Penggunaannya pun sangat mudah:
  • Gosokkan 1 sendok makan minyak zaitun ke bekas luka anda secara bertahap, gunakan dalam jumlah lebih sedikit jika bekas luka anda berukuran kecil.
  • Setelah rata pijat bekas luka anda selama 6 menit atau lebih agar jaringan parut menjadi lembab dan lebih longgar.
  • Biarkan selama 15 menit dan bersihkan dengan kain kering bersih.
5. Mentimun untuk menghilangkan bekas luka
Apabila anda kesulitan mencari bahan-bahan pada nomer 1 sampai 4 anda bisa menggunakan pilihan bahan terakhir ini, Mentimun umumnya digunakan untuk membuat kulit lebih lembut dan kenyal, dan yang paling mentimun tidak dapat membuat kulit menjadi iritasi dan ini sangat cocok untuk jenis kulit yang tergolong sensitif.
  • Kupas kulit mentimun dan cuci sampai bersih, hilangkan biji yang ada ditengahnya kemudian anda bisa memarutnya atau menggunakan blender, usahakan jangan sampai mentimun menjadi sangat lembut, jika ada tambahkan 4 lembar daun mint, kemudian tambahkan putih telur dan aduk sampai rata.
  • Oleskan pada bekas luka anda, dan tunggu sampai 25 menit atau kurang.
  • Cuci bersih menggunakan air dingin dan keringkan menggunakan handuk bersih.
  • Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang anda harapkan.
Cara-cara ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, namun formulasi bahan yang digunakan dapat berbeda. Beberapa artikel lain juga mengatakan bahwa bahan lain seperti minyak pohon teh, bawang merah, kunyit, dan yogurt dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Tips menghilangkan bekas jerawat
  • Anda bisa bereksperimen menggunakan resep penghilang bekas luka anda dengan mencampur beberapa bahan diatas dengan disesuaikan dengan jenis kulit anda.
  • Jika anda khawatir untuk memakainya, cobalah sedikit terlebih dahulu dan lihat apakan bahan tersebut menimbulkan masalah bagi kulit anda.
  • Gunakan sampai beberapa kali dalam seminggu sampai bekas luka benar-benar menghilang. 
  • Kulit pada bagian muka/wajah akan lebih sensitif dibandingkan kulit pada bagian tubuh lainnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment