Cara Tips Menambah Nafsu Makan Anak Secara Alami

Info Kesehatan - Cara Tips Menambah Nafsu Makan Anak Secara Alami - Bagi orang tua, anak yang memiliki nafsu makan sedikit memang sangat mengkhawatirkan, padahal makanan digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh dan kembang secara maksimal, banyak anak kecil yang merasa malas untuk makan baik karena disesbabkan makanan yang diberikan tidak terlalu mereka suka atau memang mereka tidak memiliki nafsu makan yang cukup baik.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya cukup mudah, anda bisa menerapkan tips-tips sederhana mulai dari merubah menu harian, meningkatkan sistem metabolisme tubuh anak, dan menggunakann ramuan herbal yang dipercaya dapat menambah nafsu makan anak kita. Berikut ulasanya:

1. Memberi makanan kesukaan
Mungkin ini adalah pilihan pertama yang bisa anda coba, jika anak anda merasa tidak sehat usahakan untuk memaksanya memakan makanan yang banyak mengandung nutrisi penting, namun jika hal ini tidak berhasil maka anda bisa memberinya makanan yang mereka sukai, walaupun makanan yang mereka sukai tidak begitu sehat dan rendah nutrisi namun hal ini lebih baik dibandingkan anak anda tidak makan sama sekali. Jika anak anda mulai mau memakan makanan yang mereka sukai maka anda bisa menyelipkan makanan sehat didalamnya.

2. Membuat anak lebih banyak melakukan aktifitas
Usahakan untuk membuat anak melakukan kegiatan yang mereka sukai seperti bermain, keluar bersama teman-temannya dan banyak lainnya. dengan cara ini diharapkan proses metabolisme tubuh anak menjadi lebih cepat sehingga makanan yang terdapat didalam perutnya menjadi cepat dicerna dan dirubah menjadi energi.

3. Membuat suasana yang menyenangkan saat makan
Buat kegiatan makan anak menjadi menyenangkan, anda bisa menyuapi buah hati bersamaan dengan dia bermain. atau anda bisa mengajak anggota keluarga untuk makan secara bersamaan dengan anak anda.

4. Membuat jadwal makan anak
Usahakan saat memberi makan anak, anda tidak terlalu berlebihan dan sesuai dengan jadwal, anda bisa memberi makan 3 kali dalam sehari dengan porsi besar, atau 6 kali sehari dengan menu sedang. Dengan memberi makan anak secara teratur maka dalam diri anak akan terprogram dengan sendirinya kapan harus makan, selain itu dengan makan sesuai dengan jadwal dapat menghindarkan anak dari terkena pernyakit magh.

5. Memberi anak ramuan jamu herbal
Jika anda memiliki waktu luang, anda bisa membuat jamu herbal penambah nafsu makan, seperti jamu yang terbuat dari temulawak, kunyit, dan temuireng, jamu herbal ini mengandung senyawa aktif yang dapat mengatasi gangguan saluran pencernaan. Atau anda bisa membeli sirup penambah nafsu makan di apotek terdekat anda.

Biasanya saat cuaca panas anak akan malas untuk makan, namun untuk memenuhi kebutuhan gizinya anda bisa memberinya minuman menyegarkan atau bubur yang mengandung banyak nutrisi penting pengganti makanan seperti jus buah, susu sapi, susu kedalai, bubur kacang hijau, dan bubur ayam. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment