Manfaat Suplemen Kalsium Untuk Ibu Hamil Sehat

Ibu Hamil - Manfaat Suplemen Kalsium Untuk Ibu Hamil Sehat - Masa kehamilan adalah masa paling mengkhawatirkan bagi sebagian orang, saat hamil seorang ibu sangat membutuhkan asupan nutrisi berupa vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan dalm tumbuh kembang anak yang sedang dikandung. Secara alami kebutuhan nutrisi tersebut dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi penting, namun pada keadaan tertentu seorang ibu tidak cukup hanya mengonsumsi makanan yang bergizi namun juga perlu mengkonsumsi vitamin dan suplemen sebagai penunjang pertumbuhan calon buah hati.

Dalam mengkonsumsi suplemen tambahan tidak hanya asal-asalan namun perlu saran dari dokter, jadi jika anda sedang dalam masa kehamilan usahakan untuk rajin memeriksa kondisi anda pada bidan atau dokter terdekat agar jika terjadi sesuatu bisa dicegah sedari dini.

Kenapa ibu hamil membutuhkan kalsium?
Selama masa kehamilan, bayi sangat membutuhkan kalsium dalam jumlah banyak untuk dapat tumbuh dan berkembang, kalsium digunakan untuk membentuk gigi, tulang kuat, menumbuhkan jantung, syaraf, dan membentuk otot tubuh yang kuat. Jika anda tidak mendapat kalsium dalam jumlah yang cukup maka bayi akan mengambil kalsium dari tulang anda dan yang pasti hal ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Jumlah kalsium yang dibutuhkan selama kehamilan
Bagi ibu hamil yang berusia diatas 18 tahu akan membutuhkan kalsium sebanyak 1000mg/hari, sedangkan ibu hamil dengan usia dibawah 18 tahun membutuhkan 1300mg/hari, jumlah tersebut perlu anda penuhi baik sebelum, selama, dan sesudah masa kehamilan.

Sebelum kehamilan dengan mengkonsumsi kalsium yang cukup dapat membuat tubuh siap selama kehamilan, saat kehamilan kalsium akan banyak digunakan dalam proses tumbuh kembang bayi, dan sesduah kehamilan kalsium dibutuhkan untuk memproduksi susu yang memiliki nilai gizi tinggi bagi anak.

Tips suplemen kalsium
  • Sebelum anda memutuskan mengkonsumsi suplemen kalsium maka terlebih dahulu lakukan perhitungan kalsium yang anda peroleh dari makanan yang anda konsumsi, jika belum cukup maka anda bisa mengkonsumsi suplemen, namun jika sudah cukup maka suplemen tidak dibutuhkan.
  • Efek negatif terlalu banyak supleme kalsium akan mengakibatkan masalah sembelit, , meningkatkan resiko batu ginjal, dan mengganggu penyerapan jenis mineral lainnya sperti zat besi dan seng.
  • Selalu berkonsultasi pada dokter sebelum anda memutuskan ingin mengkonsumsi suplemen tertentu.
  • Suplemen kalsium memiliki banyak jenis, diantaranya kalsium sitrat dan kalsium karbonat. Pilihlah jenis kalsium sitrat karena kalsium ini mudah diserap oleh tubuh.
  •  Beberapa suplemen kalsium dibuat dari tepung tulang, dolomit, dan jenis batuan tertentu, untuk itu pastikan anda mengkonsumsi suplemen kalsium yang bebas dari kandungan timah, karena sangat berbahaya bagi bayi.
  • Dibutuhkan konsumsi vitamin D jumlah cukup untuk membantu tubuh dapat menyerap kalsium dengan lebih maksimal.
Jika anda terlalu khawatir untuk mengkonsumsi suplemen kalsium, anda bisa mendapatkan kalsium dengan jumlah yang cukup dari makanan seperti keju, yogurt, sayuran hijau, kedelai dan produk turunannya, ikan dan daging merah, lobak, biji-bijian, oatmeal, brokoli dan buah pisang.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa susu mengandung banyak kalsium dan baik untuk ibu hamil, namun beberapa hasil jurnal penelitian menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi susu sapi maka dapat menyebabkan anda terkena osteoporosis dan mineral kalsium mudah hilang lewat urin. Sebagai penggantinya anda bisa mendapatkan kalsium dari bahan makanan lain seperti susu kedelai (Baca: Kelebihan Manfaat Alami Susu Kedelai Dibandingkan Susu Sapi).
Share on Google Plus

About Anomali Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment