Kelebihan Manfaat Alami Susu Kedelai Dibandingkan Susu Sapi

Info Kesehatan - Kelebihan Manfaat Alami Susu Kedelai Dibandingkan Susu Sapi - Mendengar nama susu kedelai mungkin sudah tidak asing lagi di telinga, susu kedelai adalah susu yang dibuat dari bahan dasar kedelai dengan ditambah gula dan beberapa lainnya ditambah perasa makanan agar menjadi lebih menarik. Susu kedelai menjadi semakin terkenal setelah banyak orang mengetahui rasanya yang enak dan memiliki manfaat yang luar biasah bagi kesehatan tubuh.

Minuman susu kedelai berasal dari daratan negeri tiongkok China, disana meminum susu kedelai sudah menjadi kebiasaan tiap hari. Sedangkan di Indonesia minuman susu kedelai baru terkenal beberapa tahun yang lalu. Jika anda vegetarian dan memiliki alergi terhadap susu sapi maka susu kedelai ini sangat cocok untuk anda konsumsi. Susu Kedelai memiliki beragam manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh, dan berikut ulasan lengkapnya:

1. Susu kedelai mengandung jenis protein nabati
Mungkin anda berfikir bahwa susu sapi baik untuk mengatasi osteoporosis, namun sebaliknya. Susu sapi mengandung kalsium tinggi yang dapat mengakibatkan kadar kalsium dalam darah naik seketika, dan akibat hal ini terjadi tubuh akan berusaha untuk mengembalikan kondisi kalsium normal dalam darah dengan membuang semua kalsium darah ke ginjal dan dikeluarkan tubuh lewat urin, dan hal inilah yang mengakibatkan susu sapi dapat menyebabkan osteoporosis. Namun hal ini tidak terjadi pada susu kedelai, susu kedelai mengandung protein nabati yang berfungsi untuk menghambat pengeluaran kalsium tubuh berlebih lewat urin.

2. Susu kedelai tidak mengandung hormon
Yang perlu anda ketahui bahwa pada susu sapi mengandung hormon alami dan hormon sintetis, hormon alami berasal dari sapi itu sendiri, sedangkan hormon sintetis dapat berasal dari residu hormon yang disuntikkan kedalam sapi, umumnya hormon sintetis yang disuntikkan kedalam sapi adalah jenis hormon yang berfungsi menstimulasi produksi susu (rBGH), hormon ini dapat mendorong produksi susu sapi hingga lebih dari 20 persen. hormon-hormon ini dapat berakibat terhadap sisitem metabolisme tubuh kita, namun pada susu kedelai tidak terdapat kedua jenis hormon tersebut.

3. Susu kedelai tidak mengandung laktosa
Banyak sekali orang yang memiliki alergi terhadap laktosa yang terkandung di dalam susu sapi, namun sebaliknya susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan zat kekebalan tubuh karena mengandung prebiotik alami, selain itu zat prebiotik susu kedelai juga bermanfaat untuk menurunkan kadar racun dalam tubuh. Anda bisa rajin mengkonsumsi susu kedelai dipagi hari dan jangan khawatir karena susu kedelai tidak mengandung laktosa.

4. Alergi terhadap susu kedelai
Menurut hasil studi hanya sekitar 0,5 persen anak-anak yang mengalami alergi terhadap susu kedelai, dan sedangkan anak-anak yang alergi pada susu sapi mencapai angka lebih dari 2,5 persen.

5. Susu kedelai baik untuk mengurangi kolesterol
Susu sapi mengandung lemak jenuh tidak sehat dan dapat meningkatkan kadar kolesterol anda. Sedangkan protein dalam susu kedelai memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. FDA (Food and Drug Administration AS) menyarankan untuk menambahkan sekitar 25 gram protein dalam menu makanan anda agar anda dapat terhindar dari resiko jantung koroner dan stroke.

6. Susu kedelai mengandung banyak isoflavon
Kandungan isoflavon yang terdapat dalam susu kedelai berfungsi dalam mengurangi kadar kolesterol, mengurangi resiko menopause, mencegah anda terkena osteoporosis, dan yang terpenting adalah mengurangi resiko anda terkena jenis kanker prostat dan kanker payudara. Isoflavon juga termasuk jenis antioksidan alami yang daat melindungi sel tubuh terhadap kesurakan yang disebabkan oleh radikal bebas (zat berbahaya dalam tubuh).

Susu kedelai mengandung beragam kandungan alami yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, usahakan untuk mengkonsumsi minuman kedelai dipadi hari dalam menu sarapan anda, sehingga anda dapat memulai kegiatan anda dengan lebih sehat, selain itu jika anda sedang menjalankan program diet dan perawatan kulit susu kedelai sangat dianjurkan untuk anda konsumsi.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment