Mengkonsumsi Kunyit: 7 Efek Negatif Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Info Kesehatan - Mengkonsumsi Kunyit: 7 Efek Negatif Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh - Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur dan juga dalam pengobatan secara herbal. Kunyit mengandung banyak nutrisi dan memiliki manfaat luar biasa dalam hal mengobati berbagai macam penyakit mulai dari kanker kulit, masalah kulit, hepatitis, sakit kepala, alzheimer (melindungi saraf otak), diare dan banyak lagi lainnya. Kemampuan kunyit tersebut dikarenakan kunyit memiliki kandungan alami berupa kurkumin, dimana kurkumin adalah senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan kuat dan anti inflamasi dalam melawan radikal bebas, dan sel kanker.

Penggunaan kunyit untuk mengobati penyakit tertentu memiliki dosis yang beragam mulai dari 125 mg perhari 250 mg perhari, sampai lebih dari 1000 mg per hari, namun jika mengkonsumsi lebih dari itu kemungkinan besar akan berdampak negatif bagi kesehatan pasien, apa saja efek negatif yang ditimbulkan dari terlalu banyak mengkonsumsi kunyit, berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Kandung empedu bermasalah
Dalam dosis normal kunyit akan bermanfaat dalam menstabilkan fungsi saluran empedu, namun jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi akan mengakibatkan kandung empedu meradang, dan dapat mengakibatkan terbentuknya batu empedu. Usahakan untuk mencari informasi medis terkait seberapa dosis penggunaan yang aman dalam menggunakan kuyit.

2. Menimbulkan alergi
Beberapa orang akan mengalami reaksi mual, muntah, perut panas, dan diare jika dikonsumsi dalam dosis besar, selain itu untuk obat-obatan yang berbentuk salep atau lotion akan mengakibatkan alergi pada kulit, kulit ruam, dan akan terasa seperti terbakar. Dalam tingkat yang lebih parah akan mengalami gatal-gatal, dan dermatitis.

3. Pendarahan
Kunyit memiliki manfaat dalam menghambat penggumpalan trombosit sehingga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah, namun kunyit juga memiliki efek penyebab pendarahan, untuk itu kunyit dosis tinggi harus dihindari pada pasien yang memiliki kecendrungan perdarahan yang bisa disebabkan oleh bawaan dari lahir.

4. Masalah perut
Kuyit dapat mengakibatkan iritasi pada lambung, bagi pasien yang memiliki riwayat sakit di ulu hati, tukak lambung, gangguan pencernaan disarankan untuk mengkonsumsi air dalam jumlah besar untuk menghindari terjadinya penimbunan kunyit dalam dosis tinggi dalam lambung.

 5. Gangguan hati
Jika anda memiliki penyakit yang berhubungan dengan hati baik itu hepatitis maupun penyakit kuning, maka hindarilah mengkonsumsi kunyit dalam dosis tinggi, kunyit memiliki efek racun yang dapat menganggu fungsi kerja hati serta menimbulkan rasa panas dalam saluran pencernaan.

6. Reaksi obat
Kunyit dapat bereaksi dengan berbagai jenis obat seperti warfarin, aspirin, dan clopidogrel, selain itu bagi mereka penderita diabetes kunyit bermanfaat dalam menurunkan kadar gula dalam darah namun jika pasien diabetes tersebut juga mengkonsumsi obat hipoglikemik (penurun gula darah), maka akan menyebabkan pasien memiliki kadar glukosa sangat rendah dalam darah yang pada akhirnya dapat mengancam nyawa si pasien.

7. Kontraksi pada uterus
Jika anda ingin melakukan program kehamilan maka sedari dini anda tidak diharuskan untuk mengkonsumsi kunyit, kunyit dapat menstimulasi rahim dengan meningkatkan aktivitas otot polos rahim sehingga dapat menyebabkan kontraksi uterus secara berlebihan, untuk itu jika wanita hamil mengkonsumsi kunyit akan mengakibatkan pendarahan pada vagina dan bahkan keguguran.

Kesimpulan
  • Konsumsi kunyit harus dihentikan 2 bulan sebelum seseorang akan melakukan operasi besar dan melakukan program kehamilan.
  • Kunyit dosis tinggi dapat menganggu fungsi kandung empedu dan organ hati.
  • Hindari mengkonsumsi kunyit bagi mereka yang memiliki riwayat masalah pencernaan.
  • Dilarang menggunakan obat-obatan dari kunyit bagi mereka yang memiliki alergi terhadap pewarna organik.
  • Untuk pasien yang memiliki riwayat tukak lambung berserta hepatitis untuk sangat berhati-hati mengkonsumsi kunyit, jika ingin mengkonsumsinya maka terlebih dahulu berkonsultasilah pada dokter spesialis penyakit dalam. (kunyit dosis tinggi dapat menganggu sistem kerja hati, dan dapat mengakibatkan luka tukak lambung terbuka kembali).
Share on Google Plus

About Anomali Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment