Pengertian Kasein: Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Serta Efek Negatif

Info Kesehatan - Pengertian Kasein: Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Serta Efek Negatif - Kasein adalah salah satu jenis protein terbesar yang dapat ditemukan pada susu, protein ini tidak mudah rusak oleh panas, tapi mudah rusak oleh PH. Protein ini lebih dikenal dalam dunia fitnes dimana kasein sangat bermanfaat guna meningkatkan kekuatan dan masa otot, di dalam sistem pencernaan kasein lebih membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna yakni sekitar 4-5 jam selama proses itu maka tubuh akan mendapatkan suplai asam amino dari pemecahan protein kasein secara terus menerus dan asam amino tersebut sangat berguna untuk memberi makan bagi otot tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kasein, sehingga mengakibatkan kenapa kasein sangat terkenal dan penting dalam dunia fitnes:

1. Lebih tahan lama
Semua jenis protein memiliki kelebihan dan kelemahanya masing-masing, sedangkan kelebihan dari kasein sendiri adalah membutuhkan waktu yang cukup lama bagi tubuh untuk mencernanya, sehingga gugus asam amino yang merupakan pecahan protein akan secara bertahap diserap darah dan digunakan untuk memberi makan otot tubuh kita, protein kasein sangat baik dikonsumsi sebelum kita tidur, karena selama kita tidur tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dari luar sedangkan kasein secara bertahap akan memberikan nutrisi dan makanan bagi otot tubuh kita.

2. Mengilangkan lemak tubuh
Menurut hasil studi di Belanda, kasein akan mebuat metabolisme dalam tubuh menjadi cepat, hal ini juga berlaku untuk pembakaran lemak, kasein akan menyeimbangkan lemak dalam tubuh kita serta orang yang rajin mengkonsumsi kasein akan merasa lebih kenyang 33% dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi kasein.

3. Mampu membuat otot cepat besar
Bagi kalian yang ingin memiliki otot tubuh kekar dan besar cobalah untuk mengkonsumsi protein kasein dengan teratur, Menurut hasil penelitian di Amerika, kelompok orang yang mengkonsumsi protein kmbinasi antara kasein dan whey akan memiliki masa otot yang lebih besar dibandingkan kelompok orang yang mengkonsumsi kombinasi protein antara whey dan suplemen glutamin.

4. Meningkatkan kekuatan
Kasein memiliki sifat anti katabolik dimana kasein berfungsi dalam menjaga kadar protein yang terdapat didalam otot agar selalu tetap dan tidak berkurang, kasein memiliki efek 2 kali lebih besar dari pada protein whey. Kasein akan membantu tubuh terutama pada bagian dada, kaki, dan bahu untuk menjadi lebih kuat saat kita melakukan latihan fisik.

5. Pelindung gigi
Kasein memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya erosi pada enamel gigi, jadi usahakan untuk menambahkan makanan dengan kandungan kasein tinggi dalam menu makanan harian anda.

Makanan yang banyak mengandung kasein
Setelah mengetahui apa saja manfaat yang dapat diberikan kasein oleh tubuh, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang banyak mengandung kasein dan cocok untuk ditambahkan dalam menu diet harian anda:
  • Susu sapi (tertinggi)
  • Margarin
  • Ikan tuna
  • Keju
  • Daging 
Alergi terhadap kasein
Alergi terhadap kasein mungkin dapat terjadi pada seseorang, namun hal ini sangat jarang terjadi, alergi disebabkan karena sistem imun tubuh salah dalam mengenali protein kasein dan menganggapnya berbahaya bagi tubuh. Interaksi antara sistem imun tubuh dengan kasein akan menyebabkan pelepasan bahan kimia tubuh yakni histamin, histamin inilah yang menyebabkan munculnya beberapa gejala alergi seperti:
  • Pembengkakan pada bibir. mulut, lidah dan tenggorokan.
  • Gatal-gatal pada sekujur tubuh.
  • Sulit bernafat
  • Mata menjadi gatal
  • Dan hidung tersumbat.
Apabila anda memiliki riwayat alergi pada kasein maka disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kasein terutama susu.
Share on Google Plus

About Anomali Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment