Tentang Kalsium: Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi Beserta Efek Negatif

Makanan Sehat - Tentang Kalsium: Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi Beserta Efek Negatif - Kalsium merupakan salah satu jenis meniral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, kalsium memerankan peranan yang penting dalam proses metabolisme tubuh, menjadi penghubung antar saraf, menjaga kelancaran kerja jantung, serta dibutuhkan dalam pergerakan otot.

Kalsium adalah jenis mineral yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh untuk itu tubuh memerlukan asupan kalsium yang dapat diperoleh dari makanan dan suplemen, kalsium dalam tubuh dapat hilang tiap harinya melalui, rambut, kulit, kuku, feses, keringat, dan urine. Kehilangan kalsium tersebut haruslah diganti atau jika tidak tubuh akan mengambil kalsium yang terdapat pada tulang dan hal inilah yang menyebabkan tulang menjadi mudah rapuh.

Kebutuhan kalsium
Berikut ini adalah daftar kebutuhan tubuh terhadapt kalsium berdasarkan usia seseorang:
Anak-anak (usia 1-3): 500 miligram/ hari
Anak-anak (usia 4-8): 800 miligram/hari
Remaja (usia 9-18): 1.300 miligram/hari
Dewasa (usia 19-50): 1.000 miligram/hari
Lanjut usia (usia 51 atau lebih tua): 1.200 miligram per hari.

Makanan yang banyak mengandung kalsium
Jika anda ingin memenuhi kebutuhan kalsium dari mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kalsium, berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang kaya akan kalsium yang dapat anda pilih dan tambahkan dalam menu diet harian anda.
1. Susu, 8 ons = 300 miligram
2. Jus jeruk dengan kalsium, 8 ons = 300 miligram
3. Yogurt polos, 8 ons = 415 miligram
4. Sarden, 3 ons = 325 miligram
5. Keju cheddar, 1,5 ons = 306 miligram
6. Bayam, dimasak, 1/2 cangkir = 145 miligram
7. Ikan salmon, termasuk tulang, 3 ons = 181 miligram
8. Biji wijen, 1 ons = 280 miligram
Beberapa makanan lainnya juga memiliki kandungan kalsium tinggi seperti brokoli, kubis, kedelai dan produk turunannya (tahu, tempe, susu kedelai).

Mengkonsumsi suplemen kalsium
Anda bisa mendapatkan tambahan kalsium dengan cara mengkonsumsi suplemen kalsium baik dalam bentuk tablet, kunyah, maupun cair. Pada beberapa kasus dokter akan menambahkan kalsium melalui suntikan. simpan suplemen yang anda beli ditempat yang kering, jauh dari kelembapan, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung agar suplemen tidak mudah rusak.

Efek samping suplemen kalsium
Selain jika kekurangan kalsium akan berakibat buruk pada tubuh, kelebihan akan konsumsi suplemen kalsium dalam dosis jumlah besar juga tak kalah berbahaya dibandingkan dengan kekurangan. Untuk itu anda perlu berhati-hati saat mendapatkan resep obat dari dokter dan terdapat suplemen kalsium didalamnya. Berikut beberapa efek negatif dari mengkonsumsi suplemen kalsium berlebih:
  • Pada dosis normal, konsumsi suplemen kalsium akan berakibat pada sistem pencernaan dimana akan mengakibatkan anda mengalami kembung, masuk angin, dan sembelit. Pada dosis tinggi suplemen kalsium akan mengakibatkan anda mengalami batu ginjal.
  • Pada dosis tinggi kalsium akan menyebabkan terganggunya penyerapan jenis mineral lainnya seperti seng dan zat besi.
  • Pada kasus tertentu suplemen kalsium dapat bereaksi dengan obat penyakit diabetes, epilesi, dan obat penyakit jantung.
  • Pada mereka yang mengalami overdosis, akan mengalami masalah berupa mual, mulut kering, sakit perut, denyut jantung tidak teratur, kebingungan atau bahkan kematian.
Semoga artikel ini dapat membuat anda lebih waspada terhadap pemakaian suplemen kalsium, selain itu untuk mendapatkan kalsium yang cukup bagi kebutuhan tubuh, anda dapat memperolehnya dari makanan alami selain lebih aman, kalsium dari makanan juga tidak memiliki efek negatif.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment