15 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Sehat - 15 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung - Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh, memiliki fungsi utama memompakan darah keseluruh tubuh, bekerja tiada henti, dan tidak pernah beristirahat. Untuk itu menjaga agar kondisi jantung tetap sehat adalah hal terpenting yang harus dilakukan.

Secara garis besar gangguan pada jantung dibagi menjadi dua, yakni penyakit jantung dan gagal jantung. Penyakit jantung adalah dimana sebuah jantung tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik dikarenakan beberapa faktor seperti jantung lemah dan adanya celah antara rongga kanan dan rongga kiri, sedangkan gagal jantung disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah yang menuju ke otot jantung, sehingga otot jantung tidak mendapatkan suplai makanan dan membuatnya berhenti mendadak.

Untuk mengatasi serangan jantung tidak ada obat paling ampuh selain melakukan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan sehat, berikut beberapa makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung anda:

1. Ikan salmon
Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3, dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega-3 akan cukup melindungi anda dari serangan jantung, dan stroke.

2. Kenari
Kenari mengandung asam lemak omega-3, vitamin E, folat, serat, lemak tak jenuh, dan magnesium, dan pitoesterol, campurkan kenari dalam menu makanan atau kue harian anda.

3. Oatmeal
Oatmeal mengandung asam lemak omega-3, magnesium, kalium, kalsium dan serat yang dapat larut, nutrisi tersebut penting dalam menutrisi otot jantung agar tetap bisa bekerja dengan baik dan normal.

4. Ikan tuna
Mengandung folat, asam lemak omega-3 dan niacin, ikantuna sangat cocok disantap saat siang hari dan anda bisa membuat bekal makanan yang dapat dimakan saat dikantor.

5. Almond
Almon mengandung asam lemak omega-3, vitamin E, serat, magnesium dan lemak tak jenuh yang baik untuk organ hati, serta mengandung pitosterol. Campurkan beberapa almond dalam salad buah anda, atau memakannya dengan yogurt.

6. Tahu, susu kedelai, tempe
Tahu adalah salah satu produk makanan dari kedelai, mengandung niacin, folat, kalsium magnesium dan kalium, masukkan menu tahu dalam makan harian anda untuk mendapatkan jantung sehat.

7. Beras merah
Kaya akan vitamin B kompleks, niacin, serat, dan magnesium, konsumsi bersama dengan sayur bayam, brokoli dan worten untuk makan siang anda.

8. Buah blueberry (stroberi, raspberry)
Buah jenis ini mengandung beta karoten, lutein, antosianin, vitamin C tinggi, folat, kalsium, magnesium dan serat. makan buah ini dimalam hari sebagai makanan pengganjal lapar untuk diet.

9. Wortel
Wortel mengandung pigmen warna yang bernama karotenoid, memiliki manfaat sama dengan asam lemak omega-3 dalam mencegah penyakit jantung, wortel memiliki rasa manis untuk itu sangat cocok dikonsumsi di siang hari dan mencampurkannya dalam sayur sop atau tumis.

10. Sayur bayam
Mengandung lutein sejenis katotenoid, vitamin B kompleks, magnesium, kalium, folat, kalsium, dan serat. Konsumsi bayam sebagai sayur atau untuk di lalap.

11. Brokoli
Kandungan beta karoten, vitamin C, vitamin E, kalium, kalsium, folat, dan seratnya baik untuk kesehatan jantung, campurkan dalam tumis atau saur bening.

12. Ubi jalar
Memiliki beta karoten, vitamin A, C, dan E, serta serat

13. Buah jeruk
Mengandung karotenoid, flavonoid, vitamin C, serat, kalium serta folat.

14. Tomat
Tomat mengandung vitamin C, kalium, serat, folat, karotenoid, dan likopen.

15. Buah pepaya
Buah pepaya mengandung beta karoten, karotenoid, vitamin E, vitamin C, magnesium, kalsium, dan kalium.
  
Beberapa makanan diatas merupakan makanan dengan kandungan nutrisi penting untuk kesehatan jantung, beberapa nutrisi tersebut berperan penting menjaga jantung dari berbagai penyakit jantung seperti jantung lemah, serangan jantung, dan penyumbatan arteri jantung.
Share on Google Plus

About Anomali Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment