3 Aturan Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Olahraga

Cara Diet Sehat - 3 Aturan Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Olahraga - Menurunkan berat badan  dan olahraga mungkin adalah dua hal yang tidak jauh berbeda, menurunkan berat badan dilakukan dengan cara diet mengurangi makanan tertentu sehingga lemak dalam tubuh dapat terbakar dan hilang, sedangkan berolahraga adalah melakukan kegiatan fisik yang dapat menguras tenaga dan jika tenaga didalam darah habis tubuh dapat mengambilnya dari timbunan lemak ditubuh. Dan dengan prinsip inilah maka anda dapat menurunkan berat badan dengan melakukan kegiatan berolahraga yang benar.

Namun saat ini banyak orang yang melakukan berbagai macam olahraga namun bukan berat badan turun yang dia dapatkan tetapi masalah lain seperti dehidrasi, dan kelelahan yang berlebih. Berikut beberapa aturan yang perlu anda lakukan agar sukses menurunkan berat badan dengan cara berolahraga:

1. Jenis makanan yang baik sebelum berolahraga
Sebenarnya tidak ada aturan pasti tentang jenis makanan yang harus anda konsumsi sebelum melakukan olahraga, namun beberapa kriteria makan berikut sangat baik untuk progam diet anda:
  • Makanan dengan rendah lemak
  • Mengandung karbohidrat dan protein sedang
  • Mengandung serat yang rendah
  • Serta makanan dengan sedikit kadar air.
2. Minum air dalam jumlah banyak saat berolahraga
Air adalah salah satu bagian terpenting dalam tubuh, air berfungsi untuk mendinginkan tubuh saat berolahraga, selain itu kekurangan air dalam tubuh juga akan mengakibatkan anda mengalami dehidrasi. Minum 2 gelas air 2 jam sebelum anda melakukan olahraga. Saat berolahraga lebih dari 60 menit anda juga dapat mengkonsumsi minuman penambah energi, karena minuman energi akan dapat memberikan tubuh anda karbohidrat, natrium, serta air sebagi pengganti cairan tubuh yang hilang.

3. Berolahraga dengan perut kosong
Untuk beberapa jenis olahraga yang ringan seperti berjalan, dan jogging ringan tidak akan berakibat buruk jika anda melakukannya dengan perut kosong, namun jika anda berolahraga yang terbilang lebih berat usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna sebelumnya seperti pisang, roti panggang, bubur halus yang dapat menambah tenaga bagi tubuh anda.

Jenis olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan
Berikut beberapa jenis olahraga yang dapat anda lakukan untuk menurunkan berat badan, jenis olahraga ini dapat anda lakukan secara terus menerus dan yang pastinya tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk melakukanya:
1. Berjalan
Anda dapat menurunkan berat badan sekitar 0.5 kg seminggu jika anda melakukan olahraga dengan berjalan selama 1 jam lebih per hari. Jenis olahraga ini sangat cocok dilakukan bagi mereka yang memiliki maslah kesehatan tertentu seperti obesitas yang berlebih dan penyakit jantung.

2. Renang
Berenang adalah salah satu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan, dengan berenang anda dapat menurunkan berat badan sekaligus dapat menyehatkan saluran pernafasan. Olahraga renang baik untuk mereka yang memiliki penyakit asma karena udara selalu lembab, selain itu renang juga baik untuk menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang mengalami obesitas.

3. Bersepeda
Bersepeda adalah hal yang mudah dilakukan, anda dapat membakar lebih dari 1000 kalori per jamnya hanya dengan bersepeda, jika tempat kerja anda dekat biasakan untuk menggunakan sepeda untuk pergi kerja selain dapat lebih hemat anda juga dapat menurunkan berat bdan anda.

4. Berlari
Lari adalah cara terbaik dan paling efektif dalam membakar lemak, tidak membutuhkan peralatan tertentu dan hanya memakai 1 pasang sepatu dan anda sudah siap untuk berlari. Usahakan untuk melakukan perenggangan beberapa menit sebelum anda berlari agar tubuh tidak kaku. Selain efektif menurunkan berat badan lari akan dapat menguatkan sedi dan tulang anda. Para atlit beladiri umumnya akan berlari dibawah terik sinar matahari dan menggunakan jaket tebal agar berat badannya cepat turun lemak akan cepat terbakar dan keluar bersamaan dengan keringat.

Melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan akan membuat tubuh kehilangan lemak secara bertahap sehingga hal ini tidak akan membuat kulit anda menjadi kendur dan menggelambir, lain halnya jika anda melakukan program diet dengan mengkonsumsi obat-obatan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment