6 Cara Menghilangkan Stres Berat Dengan Melakukan Gaya Hidup Sehat

Info Kesehatan - 6 Cara Menghilangkan Stres Berat Dengan Melakukan Gaya Hidup Sehat - Berbicara mengenai stres memang tidak ada habisnya, mulai di rumah, kantor, jalan, sampai di kamar tidur pun banyak hal yang dapat membuat kita menjadi stres dan pikiran tertekan. Stres adalah sebuah keadaan dimana beban rohani yang melebihi kemampuan dari rohani kita, stres dapat berdampak terhadap kesehatan jasmani dan kesehatan rohani seseorang. Seperti contohnya dalam segi jasmani orang yang cenderung stres akan memiliki nafsu makan rendah, mudah sakit, mudah muncul jerawat, beruban, hormon tubuh tidak teratur. sedang dalam segi rohani orang stres akan cenderung kurang fokus dalam melakukan aktifitas, merasa bingung, mudah marah, dan dapat mengakibatkan gangguan kejiwaan.

Guna mengatasi stres biasa sampai stres akut, anda bisa melakukan beberapa pengobatan mulai dari terapi sampai dengan melakukan gaya hidup sehat guna menunjang kesehatan dan pola berfikit kita. Berikut beberapa gaya hidup sehat yang mampu menghilangkan stres seseorang di kutip dari situs merdeka:

1.  Mengknsumsi makanan sehat
Mungkin anda tidak pernah tahu bahwa diantara banyak manfaat yag dapat diperoleh dari mengkonsumsi makanan sehat adalah dapat menghilangkan stres, jangan mengkonsumsi makanan junk food dan makanan dengan pemanis buatan dimana kedua jenis makanan tersebut dapat meningkatkan hormon kecemasan anda. Konsumsi makanan segar seperti sayur, buah, biji-bijian, susu segar dalam menu makan harian anda.

Jenis makanan sehat lainnya seperti gandum, asparagus, keju, buah yang mengandung vitamin C, buah alpukat, almond, dan daging dengan kandungan omega-3.

2. Tidur yang cukup
Jika anda merasa sangat tertekan dan banyak masalah satu hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa stres anda seketika yakni pergi tidur. Tidur akan membuat pikiran anda beristirahat begitu juga dengan tubuh anda, dan setelah anda bangun maka pikiran akan menjadi fresh dan tubuh akan kembali bugar dan pastinya anda akan siap melakukan berbagai kegiatan yang dapat menyita waktu anda. Lakukan tidur sebanyak 7 sampai 9 jam sehari, tidur akan menhilangkan racun dan hormon berlebih dalam tubuh anda, masalah kulit seperti jerawat juga salah satu penyebabnya dikarenakan akibat kurang tidur.

3. Melakukan kegiatan keagamaan
Jika anda merasa stres cobalah melakukan beberapa kegiatan agama seperti membaca kitab suci, berdoa, mendengarkan ceramah rohani, berjiarah. Pada saat ini banyak orang yang berpendapat bahwa kegiatan rohani merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan beban pikiran stres.

4. Melakukan olahraga tiap hari
Alihkan untuk sementara pikiran anda pada hal yang membuat anda senang seperti berolah raga, dengan olahraga seperti berlari tubuh akan menghasilkan hormon endrofin, hormon ini berfungsi sebagai pengatur rasa bahagia dalam tubuh. Pilih olahraga kesukaan anda seperti sepak bola, naik sepedah, angkat beban, dan berenang. Ajak juga keluarga dan teman anda agar pikiran anda benar-benar bisa teralihkan.

5. Membuat artikel
Mungkin ini terbilang aneh, tapi cobalah disaat anda merasa tertekan dan stres tulis artikel yang berisi pikiran anda, hobi anda, masalah anda atau cerita keseharian anda. Dengan menulis otak akan berkonsentrasi dan akan mengabaikan pikiran-pikiran lain yang mengakibatkan anda merasa stres. Anda bisa melakukanya dengan menulis pada buku atau mengetiknya di komputer pribadi anda.

6. Mencari hiburan
Lakukan berbagai macam kegiatan yang bisa menghibur diri anda seperti mendengarkan lagu favorit anda, menonton film kesukaan, rekreasi ke tempat hiburan, menonton acara lawak dan banyak lainnya. Umumnya kegiatan hiburan akan dapat menghilangkan rasa penat yang sedang anda alami.

Selain beberapa hal diatas sebenarnya masih banyak sekali cara lainnya untuk menghilangkan stres seperti melakukan kegiatan diluar rutinitas keseharian anda, merubah tampilan rumah anda, mandi air hangat, melakukan pijat tubuh dan menggunakan aromaterapi. Pilihlah mana cara paling tepat bagi anda, dan jangan lupa masalah pasti ada jalan keluarnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment