Cara Mencuci Wajah Yang Benar Untuk Jenis Kulit Berjerawat

Cara Merawat Wajah - Cara Mencuci Wajah Yang Benar Untuk Jenis Kulit Berjerawat - Mencuci wajah adalah salah satu ritual dalam merawat kulit wajah, umumnya dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari yakni pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Namun yang menjadi perhatian, banyak sekali orang yang hanya sekedar melakukan cuci wajah dan bahkan banyak yang salah dalam melakukanya sehingga membuat kulit wajahnya menjadi rusak karena iritasi.

Cara mencuci wajah yang benar
Berikut ini adalah panduan dasar dalam mencuci kulit wajah untuk segala jenis kulit terutama untuk kulit berjerawat:
1. Jika anda memiliki rambut panjang, usahakan terlebih dahulu mengikatnya.

2. Usap seluruh wajah anda menggunakan air hangat, air hangat berfungsi untuk membuka pori-pori kulit wajah anda, dan membantu mengeluarkan kotoran yang ada didalamnya, untuk itu hindari menggunakan air dingin jika bisa.

3. Oleskan sabun pembersih secara lembut merata keseluruh bagian kulit wajah anda, jika anda memiliki jerawat usahakan untuk tidak menggosoknya terlalu keras karena dapat menyebabkan luka dan bahkan dapat memperburuk kondisi jerawat.

Pilihlah sabun pencuci wajah yang mengandung scrub didalamnya (partikel kasar dengan ukuran kecil), hal ini berfungsi membantu mengangkat sel kulit mati agar mudah terkelupas, selain itu sabun dengan scrub akan membuat kulit wajah anda menjadi halus.

Jika anda menggunakan sabun tanpa butiran scrub anda bisa menggunakan kain bersih atau spons lembut untuk menggosok kulit anda secara merata, usahakan untuk tidak menggosok terlalu keras karena dapat mengakibatkan iritasi.

4. Membersihkan sabun, basuh wajah anda beberapa kali untuk menghilangkan sabun yang menempel pada wajah anda dan usaplah menggunakan tangan secara lembut, jika perlu gunakan kain basah untuk membersihkan wajah anda dari sabun agar sabun benar-benar hilang dari kulit dan tidak menyumbat pori-pori kulit.

Jika anda kurang bersih dalam membersihkan, maka sabun dapat mempengaruhi pH kulit, dan dapat membuat kulit menjadi kotor dimana hal ini malah akan menimbulkan munculnya jerawat baru.

5. Gunakan handuk kering dan bersih untuk mengeringkan wajah anda dengan cara menepuk-nepuk secara lembut.

6. Gunakan toner agar wajah benar-benar bersih, pilihlah toner yang tidak mengandung alkohol.

7. Jika anda memiliki kulit yang cenderung kering dan sensitif anda bisa menggunakan pelembab, pilihlah pelembab yang tidak mengandung minyak untuk kulit berjerawat, gunakan pelembab dengan kandungan tabir surya jika anda hendak pergi keluar dan beraktifitas dibawah sinar matahari, pilih pelembab yang mengandung SPF antara 15 atau 30.

Cuci wajah hanya sebanyak 2 kali dalam sehari, selain itu anda bisa melakukanya apabila anda baru saja memakai topi atau helm, dan berkeringat. Beberapa kesalahan yang sering dilakukan seseorang dalam mencuci wajah adalah menggunakan produk yang salah, mencuci wajah terlalu sering, menggunakan air dengan suhu yang salah (terlalu panas atau terlalu dingin), melakukan pengelupasan kulit terlalu berlebihan, menggunakan produk dengan kandungan yang dapat menyebabkan iritasi, handuk yang kotor dan kasar, dan menunggu terlalu lama untuk menggunakan pelembab kulit.

Kulit wajah adalah bagian terpenting dari tubuh, jagalah selalu kulit wajah anda agar selalu bisa tampil cantik.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment