Efek Buruk Kurang Tidur Dari Kesehatan Sampai Kecantikan

Info Kesehatan - Efek Buruk Kurang Tidur Dari Kesehatan Sampai Kecantikan -Tidur adalah cara istirahat yang dilakukan tubuh untuk mengembalikan kondisi tubuh menjadi kembali normal, dengan tidur tubuh akan melakukan perbaikan terhadap sel-sel yang rusak, mengembalikan energi tubuh, menstabilkan hormon dalam tubuh dan mengistirahatkan sistem saraf motorik dan sistem saraf sensorik, sehingga orang yang tidur akan cenderung kurang tanggap dan tidak bergerak.

Tidur yang cukup perlu dilakukan oleh seseorang dari segala usia jika menginginkan memiliki kondisi tubuh sehat, daya tahan tubuh kuat, dan tidak mudah mengalami penuaan dini. Secara umum pada bayi dan anak-anak membutuhkan waktu tidur selama 15-17 jam, pada remaja 8-10 jam, dan pada orang dewasa membutuhkan waktu selama 7-9 jam. Selain beberapa manfaat tidur diatas ternyata akibat kurang tidur memiliki efek negatif yang perlu anda ketahui dan berikut 6 efek buruk akibat kurang tidur:

1. Menyebabkan kantuk
Efek negatif pertama ini sudah dapat dipastikan, orang yang kurang tidur akan sering mengantuk dengan begitu daya konsentrasi akan sangat rendah dan tingkat depresi orang tersebut juga akan meningkat. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengalami susah tidur atau insomnia dimalam hari akan mengalami depresi lima kali lebih kuat.

2. Mengakibatkan kulit mengendur dan berjerawat
Orang yang kurang tidur akan sering mengalami kulit wajah tampak pucat, mata membengkak, dan kulit mengendur, serta munculnya lingkaran hitam dibawah mata dan munculnya garis-garis halus keriput. Akibat tubuh kurang tidur maka anda akan mengalami stres dan hal ini akan mengakibatkan tubuh banyak memproduksi hormon kortisol dalam jumlah berlebih. hormon kortisol dapat memecah kolagen kulit, yang merupakan protein penting yang dapat membuat kulit tetap elastis dan halus. Selain itu stres akibat kurang tidur juga diyakini dapat mengakibatkan tubuh banyak memproduksi hormon penyebab jerawat.

3. Membuat anda mudah lupa
Untuk mendapatkan memori otak tetap tajam dan mudah untuk mengingat sesuatu hal cobalah untuk tidur dengan cukup, jika anda kurang tidur dan mengalami beberapa masalah seperti mengantuk, sepresi, dan stres maka sudah dapat dipastikan otak tidak akan dapat bekerja secara maksimal.

4. Dapat meningkatkan berat badan
Orang yang kurang tidur atau tidak tidur dimalam hari akan merasakan mudah lapar dan nafsu makan meningkat, dan jika kondisi ini di turuti dengan banyak mengkonsumsi makanan karbohidrat dan berlemak maka sudah dapat dipastikan orang tersebut akan mudah sekali mengalami penambahakn berat badan, selain itu energi yang dimakan dimalam hari akan mudah sekali ditimbun dalam bentuk lemak karena tidak digunakan tubuh untuk beraktifitas.

5. Dapat meningkatkan resiko kematian
Menurut hasil studi di Inggris menyebutkan bahwa orang yang mengalami kurang tidur akan memiliki resiko kematian dua kali lipat lebih tinggi akibat penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

6. Dapat meningkatkan resiko menderita penyakit serius
Kurang tidur yang terjadi secara terus menerus disertai gaya hidup yang kurang sehat akan mengakibatkan seseorang mudah mengalami penyakit serius, atau bahkan penyakit bawaan menjadi semakin parah, seperti:
  • Penyakit jantung
  • Serangan jantung
  • Gagal jantung
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Hepatitis semakin parah
  • Dan stroke
Stroke akan terjadi pada seseorang yang kurang tidur dikarenakan saat seseorang memiliki jumlah tidur yang kurang dapat mengakibatkan pembuluh darah menjadi kurang elastis dan kaku, sedangkan tekanan darah menjadi meningkat yang pada akhirnya pembuluh menjadi mudah pecah.

Cukupi kebutuhan tidur anda terutama pada anak-anak di usia pertumbuhan, selain itu selalu lakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit serius yang dapat mengancam jiwa anda.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment