Tips Sehat: Cara Mencegah Agar Tidak Terkena Penyakit Stroke

Info Kesehatan - Tips Sehat: Cara Mencegah Agar Tidak Terkena Penyakit Stroke - Penyakit stroke adalah sebuah kondisi dimana sebagian otak atau seluruh otak tidak mendapatkan suplai aliran darah secara normal akibat terjadinya gangguan tertentu, umumnya gangguan yang terjadi adalah pecahnya pembuluh darah atau tersumbatnya pembuluh darah. Bagian otak yang tidak dialiri oleh darah akan mengalami kerusakan karena otak tidak mendapatkan makanan dan oksigen, sehingga dapat menyebabkan hilangnya fungsi tubuh yang dikendalikan oleh bagian otak tersebut. Orang yang terkena serangan stroke dapat di selamatkan namun akan mengalami gangguan seperti kelumpuhan, hilangnya kemampuan bicara, dan tubuh tidak dapat merasakan sesuatu (mati rasa) dan hal ini dapat terjadi secara permanen.

Gangguan pada pembuluh darah tersebut dapat disebabkan oleh adanya gumpalan darah yang disebabkan oleh adanya timbunan lemak dan mengakibatkan terbentuknya plak pada saluran arteri, hal ini akan mengakibatkan saluran darah menyempit dan apabila ini dialami pada orang yang memiliki riwayat darah tinggi, maka saat tekanan darah naik dan saluran darah sempit dapat mengakibatkan pecahnya arteri. Pada beberapa kasus darah yang pecah dan keluar dari arteri akan dapat diserap kembali oleh tubuh.

Guna menghindari agar hal tersebut tidak terjadi pada anda, beberapa tips dan gaya hidup sehat perlu anda lakukan agar anda terhindar dari penyakit ini. Berikut tips lengkapnya:
  1. Tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang.
  2. Berolahraga secara teratur.
  3. Banyak mengkonsumsi makanan segar yang mengandung antioksidan alami seperti buah dan sayur.
  4. Jika anda memiliki riwayat darah tinggi, maka usahakan untuk menjaga tekanan darah anda agar tetap terkontrol.
  5. Menjaga berat badan agar selalu tetap ideal.
  6. Tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak terutama kolesterol.
  7. Berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol.
  8. Tidak merokok dan menghindari polusi udara.
  9. Menjaga kesehatan tubuh anda dan mengatur pola tidur terutama bagi mereka (pria) yang berusia lebih dari 50 tahun.
  10. Menjaga kadar gula darah untuk penderita diabetes
Selain beberapa tips diatas, makanan dan jenis minuman tertentu dipercaya memiliki manfaat dalam mencegah anda terkena stroke. Seperti halnya teh hijau, teh hijau memiliki kandungan mineral dan antioksidan kuat yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti dapat menjaga kadar glukosa darah, mempercepat metabolisme tubuh, dapat membuat saluran darah lebih rileks dan lentur sehingga lebih mampu menahan tekanan darah tinggi, dan yang paling utama adalah mampu mengurangi kolesterol jahat penyebab plak penyumbat darah (Baca: 10 Manfaat Kesehatan Yang Diperoleh Dari Segelas Teh Hijau).
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment