Gaya Hidup Sehat Yang Dapat Menghilangkan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat - Gaya Hidup Sehat Yang Dapat Menghilangkan Jerawat - Mungkin anda pernah mendengar mitos bahwa banyak mengkonsumsi kue coklat atau memakan makanan yang banyak mengandung lemak dapat mengakibatkan munculnya jerawat pada kulit wajah. Yang paling benar bahwa dari kedua makanan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh kita, namun mitos tersebut tidak sepenuhnya salah

Perubahan kadar hormon di dalam tubuh kita merupakan faktor utama yang menyebabkan munculnya jerawat pada kulit wajah, dan yang perlu anda ketahui bahwa kadar hormon yang tidak stabil dipangaruhi oleh tingkat stres yang sedang kita alami, jadi bukanlah sebuah kebetulan jika anda sedang merasa stres maka di wajah anda muncul jerawat baru.

Baik stres fisik maupun stres psikologis dapat mengakibatkan munculnya jerawat baru karena stres akan mengakibatkan produksi hormon kortisol penyebab jerawat meningkat. selain itu beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah naik juga akan meningkatkan kadar hormon kortisol meningkat, dimana saat kadar gula darah tinggi maka produksi insulin dalam tubuh juga akan meningkat, dimana insulin  akan meningkatkan produksi hormon kortisol.

Namun itu tidak semua, beberapa dokter kulit mengatakan bahwa adanya perubahan pola makan, rutinitas tidur yang kurang, serta tidak mencuci wajah juga akan mengakibatkan munculnya jerawat baru.

Gaya hidup menghilangkan jerawat
Berikut beberapa gaya hidup sehat yang terbukti dapat mencegah dan menghilangkan jerawat di kulit wajah:
1. Tidur teratur dan cukup
Beberapa hasil menelitian mengungkapkan bahwa setiap 1 jam anda kehilangan tidur dimalam hari maka tingkat stres yang anda akan alami akan naik sekitar 14%. stres akan meningkatkan produksi glukokortikoid yang membuat struktur dan fungsi kulit berubah, serta membuat kondisi jerawat anda semakin parah.

Apabila anda mengalami sulit tidur anda bisa menurunkan suhu ruang kamar tidur anda, karena dengan suhu kamar yang dingin akan membuat anda lebih mudah tertidur.

2. Melakukan olahraga rutin
Melakukan olahraga akan membuat stres yang sedang anda alami hilang, olahraga juga dakan mengingkatkan sirkulasi darah pembawa oksigen ke jaringan kulit meningkat. namun perlu anda ingat bahwa air keringat yang muncul setelah melakukan olahraga juga dapat menyebabkan kotoran dan bakteri mudah menempel, untuk itu setelah berolahraga usahakan untuk madi.

3. Merubah pola makan anda
Hindari beberapa makanan penyebab gula dalam darah naik, mengkonsumsi makanan yang tinggi akan gula akan dapat mengakibatkan produksi insulin dalam tubuh naik, dimana insulin dapat memicu perubahan didalam tubuh terutama pada kulit. Insulin akan membuat produksi minyak kulit meningkat dan kotoran serta bakteri akan dengan mudah menempel pada kulit.

4. Minum air dalam jumlah cukup
Mungkin belum pernah ada penelitian yang menyatakan kekurangan minum akan menyebabkan munculnya jerawat baru, namun dengan mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup akan dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit, selain itu air juga dapat menjaga kulit anda agar tetap sehat dan lembab.

Selain dari ke empat gaya hidup sehat diatas anda juga dapat melakukan beberapa rutinitas yang juga dipercaya dapat mencegah munculnya jerawat baru serta mengatasi jerawat membandel seperti selalu menggunakan tabir surya saat beraktifitas di luar ruangan, banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi akan asam lemak omega-3, rajin membersihkan wajah 2 kali sehari, dan melakukan pengangkatan sel kulit mati dengan masker scrub wajah.

Jika anda ingin menghilangkan jerawat menggunakan masker wajah alami, baca: Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami Paling Cepat.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment